Apa Gunanya Peta?



Helo! Helo! Saudara, Saudari, Adiks2, Bapak2, dan Ibu2... tentu tidak akan mengucap kata 'Hhaaa?' atau 'Hmmm?' lagi ketika mendengar kata 'Peta' kan.? 
Yaps! Saya, Kamu, Dia, Mereka dan Kita semua 99,99% pasti sudah mengenal Peta.
Jika belum kenal silahkan kenalan dulu sama si Doy ya.
Jika sudah kenal, seberapa kenal kita tentang si Doy?

Mari kita mengenal si doy lebih dekat lagi.
Hampir semua orang beranggapan bahwa peta hanya selembar kertas yang memuat gambar tentang bumi. dan kegunaanya hanya untuk menunjukkan suatu tempat atau arah.
Tidak ada yang salah sih jika berpikiran seperti itu, namun sudah saatnya kita tahu lebih dalam lagi. 
Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer.
 Kegunanan peta sebanarnya sangat luas, lebih dari sekedar selembar kertas yang memuat gambar tentang bumi. dan untuk menunjukkan suatu tempat atau arah saja.
Melalui gambar pada peta sebenarnya banyak sekali informasi yang kita peroleh, namun kita secara tidak sadar bahwa itu telah kita terima. Di berbagai bidang kehidupan kita, peta banyak digunakan sesuai kebutuhannya. Berikut khasiat Peta di berbagai bidang kehidupan kita :

Bidang Militer




Di bidang militer, peta digunakan sebagai gambaran fakta keberadaan batas wilayah suatu negara yang telah diakui. Batas-batas suatu negara tertuang pada peta dan posisinya sesuai dengan kenyataan. Kenapa batas batas wilayah harus dipetakan? Ini dia pertanyaan yang tepat. Batas wilayah perlu dipetakan, karena batas tersebut sewaktu-waktu dapat berubah akibat dari kesengajaan manusia itu sendiri maupun karena faktor alam. Apabila batas selalu berubah-rubah, tentu akan terjadi perdebatan antar pihak yang bersangkutan untuk memperebutkan wilayah tersebut sehingga berujung dengan perang. Di sinilah peran peta sebagai media pengabadian batas sebenarnya sesuai dengan kesepakatan sebelum batas tersebut berubah-rubah. Hanya karena batas, dunia bisa gempar. Namun kegemparan dunia itu bisa dicegah oleh selembar peta.


Bidang Perencanaan Wilayah



Melalui bentuk fisik muka bumi yang disajikan oleh peta, Para perencana dapat berpikir dalam merencanakan suatu pembangunan yang sesusai dengan daerah daerah yang diamati. Hal -hal yang dapat direncanakan ialah seperti perencanaan pembuatan jalan raya, jalan tol, jalu kereta api, bandara, jembatan, bendungan, kanal, terowongan, pelabuhan, dan masih banyak lainya. Dari semua perencanaan pembangunan tersebut dapat bersumber dari selembar peta.

Bidang Kesehatan .
Bidang Pertanian
Bidang Pertambangan
Bidang Pemasaran

Untuk bidang yang belum dipaparkan, akan saya tuliskan di pertemuan berikutnya ya.. biar agak sedikit penasaran.   :)





Komentar